Inilah Fungsi, Manfaat, dan Kegunaan Microsoft Excel– Microsoft Office Excel atau Excel merupakan sebuah aplikasi pengolah data atau angka. Dengan menggunakan spreadsheet untuk menjalankan perintah yang terdiri dari baris dan kolom. Aplikasi ini memiliki fitur perhitungan dan grafik.
Manfaat Microsoft Excel
Berikut ini Manfaat Microsoft Excel dalam dunia kerja, antara lain:
Bidang akuntansi
Dalam bidang akuntansi, MS Excel memiliki peran yang sangat penting yaitu membuat tabel berisi teks dan angka untuk laporan keuangan.
Analisis data
Selain akuntansi, Excel juga memiliki peran penting untuk melakukan analisis data. Dimana selain memiliki fitur pengolahan data yang sederhana, Ms Excel juga memiliki fitur lain yang dapat digunakan untuk menganalisis data dengan metode yang lebih canggih.
Data manajemen hubungan pelanggan
Memasukkan data dari pelanggan ke dalamnya, sehingga data dari pelanggan dapat terkumpul dengan rapi.
Fungsi dan Kegunaan Microsoft Excel
Fungsi dan kegunaan Microsoft Excel cukup beragam:
Perhitungan di Bidang Keuangan
Anda dapat membuat dokumen, laporan keuangan, dan menyimpan catatan kas menggunakan Excel. Dengan berbagai fungsi dan fiturnya, Anda bisa langsung menghitung laporan keuangan secara digital.
Persiapan Dokumen Tanggal dan Waktu
Tidak semua aplikasi dapat digunakan untuk membuat dokumen berformat waktu dan tanggal. Excel adalah aplikasi yang menyediakan fitur ini, Anda dapat menggunakan fungsinya untuk membuat laporan harian, mengirimkan atau memperbarui file secara efisien.
Perhitungan matematis
Rumus-rumus yang terdapat di Excel cukup lengkap, tidak hanya penjumlahan, perkalian atau pembagian sederhana. Anda dapat menggunakan rumus untuk menemukan rata-rata, jika, atau mengurutkan data angka.
Pengumpulan dan Analisis Data
Selanjutnya adalah penggunaan Excel untuk pengolahan dan analisis data. Anda dapat memanfaatkan fitur rata-rata atau median untuk melakukan penghitungan data secara keseluruhan. Misalnya mencari nilai rata-rata dari data survey yang telah didapat.
Mengolah dan Mengumpulkan Data
Kegunaan lain dari Microsoft Excel adalah untuk mengolah dan mengumpulkan data, sehingga perhitungan database dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dengan hanya satu data, Anda dapat menemukan nilai maksimum, minimum, hingga rata-rata dari data yang telah diperoleh.
Mengelola Sumber Referensi
Berikutnya adalah penggunaan Excel dalam bidang pengelolaan sumber referensi. Data yang telah diperoleh akan diolah sesuai dengan dokumen lain sebagai sumber referensi. Teknis penulisan dan pengelolaannya tentu lebih mudah dilakukan.
Demikian penjelasan dari saya tentang Inilah Fungsi, Manfaat, dan Kegunaan Microsoft Excel semoga bermanfaat, terimakasih. Dikutip dari Kaswari77
Leave a Reply